• Definisi Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).
Jadi, pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
• Target Pasar Dan Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek. Pembagian segmen pasar:
1. Segmentasi pasar konsumen: Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
2. Segmentasi pasar bisnis: Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, daan merek.
3. Segmentasi pasar yang efektif (Fandy Ciptono, 2001): Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, profil segmen; Besar segmen (subtantial): cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani; Dapat dijangkau (accessible): dapat dijangkau dan dilayani secara efektif; Dapat dibedakan (differentiable): secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran; Dapat diambil tindakan (actionable): program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen tersebut.
• Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place).
• Bauran Pemasaran Internasional
Bauran pemasaran internasional hampir sama dengan bauran pemasaran, tetapi bauran pemasaran internasional sasaran pasarnya secara internasional. pemasaran: produk, harga, penempatan, dan promosi semua terpengaruh sebagai perusahaan bergerak melalui lima fase evolusi untuk menjadi perusahaan global. Pada akhirnya, di tingkat pemasaran global, perusahaan berusaha untuk berbicara dengan satu suara dihadapkan dengan banyak tantangan saat membuat rencana pemasaran di seluruh dunia. Kecuali perusahaan memegang posisi yang sama terhadap persaingan di semua pasar (market leader, biaya rendah, dll) tidak mungkin untuk memulai pemasaran identik rencana di seluruh dunia.
• Bisnis Kecil dan Bauran Pemasaran
Bisnis-bisnis kecil ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar, caranya juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Misalnya kita bisa memproduksi makanan seperti kacang goreng dan telur gabus. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kacang goreng dan telur gabus tidak terlalu sulit dan cara membuatnya pun sangat mudah dan cepat. Dalam bisnis kecil ini bauran pemasarannya mencakup 4P, yaitu Produk ( Product ), Penetapan harga (Price), Distribusi ( Place ) dan yang terakhir adalah Promosi ( Promotion ).
• Sumber
http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli-ilmu-manajemen-pemasaran-marketing-dasar
http://mycopypast.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-penentuan-target-pasar.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Global_marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar