Menu

Jumat, 12 November 2010

KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS KECIL SERTA POTENSINYA

1. Pengertian Bisnis Kecil dan Kewirausahaan
• Bisnis Kecil ialah kegiatan yang mempunyai modal yang kecil, dengan jumlah pekerja yang terbatas. Kegiatannya tersebar diberbagai lapangan usaha, di pedesaan, kota kecil, mupun di kota besar.
• Kewirausahaan ialah Kemampuan dan kemahiran untuk memotivasi pekerja dan menjalankan perusahaan secara efektif dan efisien.

2. Faktor-Faktor Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis Kecil
• Faktor-faktor kegagalan bisnis kecil: Manajer tidak berkompeten dan tidak berpengalaman, Kurang memberi perhatian, Sistem kontrol yang lemah, dan Tidak cukup modal.
• Faktor-faktor kegberhasilan bisnis kecil: Memiliki visi dan tujuan yang jelas, Inisiatif dan selalu proaktif, Berorientasi pada prestasi, Berani mengambil risiko, Kerja keras, Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya, Komitmen pada berbagai pihak, Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak.

3. Menilai dan Mengoperasikan Bisnis Kecil
1. Seseorang bisa mulai mencoba membuka usaha yang sesuai dengan hobi atau kesukaan, 2. Mulai dari yang Anda kuasai Atau bisa mencoba dengan membuka usaha yang memang sudah Anda kuasai bidangnya. Walaupun belum berpengalaman berwirausaha, tapi seseorang memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja dengan keahlian Anda dalam pembukuan (akuntansi), Anda bisa mulai usaha jasa pembuatan laporan keuangan untuk usaha kecil. 3. Telusuri kemana uang Anda pergi: Tujuan membuka usaha ini adalah untuk menambah penghasilan, maka Anda perlu melihat bagaimana caranya uang berputar.

4. Identifikasi Potensi Bisnis dan Penguasaan Pasar
Pengusaha haruslah mengenal potensi bisnisnya dengan baik agar dapat memenuhi dan melayaninya dan kemudian menguasaiya. Langkah awal dalam menjalankan bisnis adalah kita harus melakukan analisis terhadap potensi bisnis yang sering juga disebut ”ANALISA PASAR”. Dalam hal ini kita haruslah melakukan identifikasi terhadap pasar yang akan kita layani, potensi bisnis apa yang ada, seberapa luas potensi tersebut dan bagaimana mengembangkannya. Masing-masing jenis bisnis mempunyai kondisi dan luas pasar atau potensi yang berbeda-beda karena konsumen bagi masing-masing bisnis tentu saja berbeda. Contohnya, bisnis mobil pasarnya tentu orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan dan sudah memiliki penghasilan. Dengan mengetahui karakteristik pasar atau konsumen dari bisnis tersebut kita akan memperoleh petunjuk tentang bagaimana kita harus melayani konsumen dengan semakin baik mungkin. Semakin baik kita melayani konsumen semakin baik pula posisi kita dalam dunia bisnis.

5. Waralaba
Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Tidak ada komentar: