Menu

Sabtu, 30 Oktober 2010

LINGKUNGAN YANG MEMPENGARUHI BISNIS

Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern) namun juga dari luar (ekstern).

• Dampak Lingkungan terhadap Bisnis

 Lingkungan Sosial: Ketika proporsi pelanggan dalam suatu populasi berubah maka akan berdampak pada permintaan akan produk suatu perusahaan. Maka permintaan akan produk yang dihasilkan oleh suatu bisnis tertentu dapat meningkat atau menurun sebagai respon terhadap perubahan dalam demografis.
 Lingkungan Industri: Kondisi di setiap industri bervariasi sesuai dengan permintaan dan persaingan. Perusahaan memperoleh manfaat karena berada di suatu industri yang mengalami permintaan pelanggan yang tinggi akan produk-produknya. Selain itu, dengan adanya persaingan antara pesaing memaksa suatu perusahaan untuk mempertahankan harga yang relatif rendah sehingga menguntungkan pelanggan. Tetapi buat perusahaan persaingan dapat menghasilkan pendapatan yang lebih rendah dan laba yang lebih rendah.
 Lingkungan Global: Beberapa perusahaan mengandalkan negara lain untuk sebagian pasokannya atau menjual produknya di berbagai negara. Perusahaan tersebut bahkan mungkin saja mendirikan anak perusahaan di luar negeri dimana perusahaan dapat menghasilkan produk dan menjualnya. Sehingga terjadi kerja sama antar negara. Jika suatu perusahaan tidak merencanakan untuk menjual produknya di luar negeri, perusahaan tersebut harus menyadari lingkungan global karena perusahaan tersebut bisa saja menghadapi persaingan dari pihak asing ketika perusahaan menjual produknya secara lokal.

• Dampak Lingkungan Pasar

Sesuai dengan hukum permintaan dan hukum penawaran, jika harga barang di pasar menjadi tinggi, maka produsen akan berlomba-lomba menjajakan barangnya sehingga penawaran meningkat. Sementara itu, jika harga turun, maka produsen akan menunda penjualan atau menyimpan produknya di gudang sehingga jumlah penawaran akan berkurang. Selain penawaran, permintaan juga berpengaruh terhadap suatu perusahaan, jika harga turun maka permintaan akan menurun maka keuntungan suatu perusahaan akan berkurang. Begitu juga sebaliknya.

• Lingkungan Ekonomi, Politik dan Kebijakan Pemerintah

 Lingkungan Ekonomi: kondisi ekonomi memiliki dampak yang kuat terhadap kinerja bisnis. Ketika perekonomian kuat, tingkat lapangan kerja tinggi, dan kompensansi yang dibayarkan juga tinggi maka kinerja bisnis akan berjalan dengan baik. Ketika perekonomian lemah, perusahaan cenderung memberhentikan sebagian karyawannya dan tidak mampu membayarkan upah yang tinggi. Selain itu, siklus ekonomi, gejala inflasi dan deflasi, kebijaksanaaan moneter, neraca pembayaran juga dapat mempengaruhi bisnis.
 Lingkungan Politik: Perbedaan ideologi dan perbedaan politik dapat mempengaruhi suatu bisnis.
 Kebijakan Pemerintah: Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan / ancaman bagi perusahaan.

• Unsur Lain yang Mempengaruhi kegiatan Bisnis

 Faktor demografis seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area. Faktor gaya hidup seperti selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain sebagainya.
 Faktor nilai sosial, adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain. Semua faktor tersebut dapat mempengaruhi bisnis.
 Faktor Teknologi: Kemajuan di bidang teknologi dari waktu ke waktu yang dapat berubah terkadang sangat cepat dapat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien.

Sumber:
• http://reycca.wordpress.com/2009/11/08/pengertian-lingkungan-bisnis/
• Buku “Pengantar Bisnis” (Jeff Madura)

Tidak ada komentar: