Menu

Sabtu, 30 Oktober 2010

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

1. Tanggung Jawab terhadap Pelanggan

• Tanggung jawab terhadap pelanggan: Menghasilkan produk yang aman dan menjual produknya tanpa menyesatkan pelanggan. Perusahaan memastikan tanggung jawabnya terhadap pelanggan dengan menetapkan kode etika, Monitor keluhan pelanggan, Memperoleh umpan balik pelanggan.
• Memperhatikan hak konsumen: Konsumen memiliki hak atas produk yang aman, Konsumen mempunyai hak mengetahui seluruh aspek yang berkaitan dengan suatu produk, Konsumen mempunyai hak untuk didengar, Konsumen mempunyai hak untuk memilih apa yang mereka beli, Konsumen mempunyai hak untuk mendapatkan informasi dalam hal pembelian, Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan layanan yang ramah.

2. Tanggung Jawab terhadap Karyawan

• Keamanan Pekerja (Employee Safety): Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja.
• Perlakuan pekerja: Memastikan tidak ada diskriminasi.
• Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity): Kesamaan Kesempatan/Hak sipil
• Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis : Keluhan Prosedur, Kode etik., UU Ketenaga kerjaan.

3. Tanggung Jawab pada Pemegang Saham dan Kreditor

• Perusahan mempunyai tanggung jawab terhadap pemegang saham dengan cara memuaskan pemegang saham yang meyediakan dana. Selain itu, Manajer perusahaan juga harus memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuatnya untuk kepentingan pemilik.
• Tanggung jawab perusahaan terhadap kreditor dengan cara melunasi utang dan tidak memberikan kepada kreditor informasi yang menyesatkan mengenai kondisi keuangan perusahaan. Selain itu, jika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi kewajibannnya, harus memberi tahu para kreditor. Biasanya kreditor bersedia memperpanjang jatuh tempo pembayaran serta memberi advis dalam mengatasi masalah keuangan

4. Tanggung Jawab pada Lingkungan

• Pencegahan polusi udara: Peninjauan kembali proses produksi, petunjuk penyelenggaraan pemerintah.
• Pencegahan polusi daratan: Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan, Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan

5. Tanggung Jawab pada Komunitas

Tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas dengan cara menunjukkan kepeduliannya kepada komunitas dengan mensponsori event lokal atau memberi donasi kepada kelompok sosial lokal. Mendapatkan pelanggan dan karyawan dari masyarakat.

6. Biaya untuk Memenuhi Tanggung Jawab Sosial

Kemungkinan biaya yang timbul sebagai akibat tanggung jawab sosial: Menetapkan program untuk menerima dan menyelesaikan keluhan, melakukan survey untuk menilai kepuasan, mendapat tuntutan hukum dari pelanggan/karyawan/kreditor/pemegang saham, mematuhi pemerintah mengenai lingkungan, mematuhi pedoman lingkungan yang ditetapkan sendiri oleh perusahaan, memenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan, Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan

Sumber:
http://taya.files.wordpress.com/2007/09/bab-3-pengantar-bisnis.pdf
http://fe-manajemen.unila.ac.id/~perkuliahan/bahanajar/Bisnis%20-%20Jilid%201.ppt
Buku Pengantar Bisnis Jeff Madura

Tidak ada komentar: